Angket Analisis Jabatan
Mengisi Angket Analisis
Jabatan
1.
Manager
Marketing
·
Nama : Najmi Adilla
·
Jabatan : Marketing
·
Bagian : Divisi Pemasaran
·
Supervisor : Direktur Utama
·
Tgl/bln/thn : 26/06/2018
·
Jelaskan secara singkat
pekerjaan sdr?
Melakukan perencanaan strategi
pemasaran dengan memperhatikan sumber daya perusahaan, kemudian menciptakan,
menumbuhkan dan memelihara kerja sama yang baik dengan konsumen.
·
Jelaskan rincian tugas
khusus yang sdr lakukan ?
Tugas
khusus yang dilakukan diantaranya merencanakan pengembangan jaringan pemasaran
yang telah disusun dengan menggunakan strategi pemasaran.
·
Jelaskan wewenang yang
sdr miliki dalam melakukan pekerjaan ?
Bagian ini mempunyai kewenangan untuk merumuskan
kebijakan pemasaran perusahaan untuk memutuskan harga hasil produksi.
·
Sebutkan tanggungjawab
yang sdr miliki ?
a. Dipercayai
untuk memimpin organisasi selama 2 tahun di SMA.
b. Pernah
menjadi sales marketing di perusahaan lain.
·
Sebutkan peralatan
pekerjaan dan mesin yang digunakan dalam melakukanya?
a. Seragam,
b. Tanda
pengenal dari perusahaan,
c. Kendaraan,
d. Kesuatu
yang akan di jual/ dipromosikan, Peralatan kantor seperti Leptop, printer dll.
·
Sebutkan ciri-ciri
fisik yang dibutuhkan dalam dalam melakukan pekerjaan
a. Mampu
berkomunikasi dengan baik.
b. Pasih
berbahasa Inggris.
c. Bisa berkendara baik motor ataupun mobil.
·
Apakah pekerjaan
tersebut membutuhkan pengalaman ? a. Ya b. Tidak
Ya, Kerena menjadi marketing di suatu
perusahaan besar bukan untuk mencari pengalaman, meniti pengalaman, apalagi
perusahaan kami perusahaan besar yang semua staff nya harus profesional.
·
Apakah pekerjaan ini
membutuhkan pelatihan khusus ? a. Ya
b. Tidak
Ya, Karena dalam marketing yang paling
diutamakan adalah berkomunikasi dengan yang lain, yang dibarengi dengan etika.
Jadi pelatihannya seprti bagaimana cara berbicara yang baik, etika ketika
berhadapan dengan pihak kontraktor atau yang bekerja sama.
·
Jelaskan kondisi kerja
dalam pelaksanaan pekerjaan!
Bidang
marketing bekerja di dalam dan di luar kantor, di dalam kantor berkerja untuk
menyelesaikan hal hal yang mengenai administratif dan di luar ruangan seperti
riset lapangan atau mencari peluang untuk dijadikan tender dan melakukan
negosiasi supaya perusahaan mendapati proyek.
·
Jelaskan resiko/bahaya
kerja yang mungkin ada ?
Bagian
marketing sangat berisiko ketika sedang melakukan negosiasi dengan pihak lain
untuk mencari tender, kemudian dalam penyampaian pembicaraan nya mlakukan
blunder atau kesalahan. Hal demikian akan menjadi rugi bagi perusahaan dan diri
sendiri karenatidak mendapatkan proyek yang di negosiasikan.
·
Bagaimanakah pengukuran
hasil kerjanya ?
Baik
dan buruknya marketing ketika perusahaan itu mendapatkan dan tidak mendapatkan
proyek dari peluang proyek / tender. Di perusahaan bagian marketing seolah olah
menjadi perayu untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.
2.
Manager
Personalia
·
Nama : Doni Irfan
·
Jabatan : Manager Personalia
·
Bagian : Divisi HRD
·
Supervisor : Direktur Utama
·
Tgl/bln/thn : 26/06/2018
·
Jelaskan secara singkat
pekerjaan sdr?
Adalah bagian dari staff perusahaan
yang mempunyai tugas membuat rencana, pembagian konpensasi, memelihara tenaga
kerja, melakukan perekrutan seleksi dll.
·
Jelaskan rincian tugas
khusus yang sdr lakukan ?
Manager personalia mempunyai
tugas mengurus prosedur perekrutan dengan seleksi, ujian, wawancara dll, membuat
sistem data karyawan, membuat rencana untuk membagian tenaga kerja dan mengurus
prizinan ketenaga kerjaan.
·
Jelaskan wewenang yang
sdr miliki dalam melakukan pekerjaan ?
Kewenangan
yang dimiliki manager personalia khususnya HRD adalah mengurus prosedur
perekrutan tenaga kerja dan menilai baik dan buruknya tenaga kerja.
·
Sebutkan tanggungjawab
yang sdr miliki ?
a. Pernah
di terima diperusahaan dan ditempatkan di bidang Humas dan medapatkan
penghargaan staff terbaik.
b. Menjadi
ketua di organisasi kemasyarakatan.
·
Sebutkan peralatan
pekerjaan dan mesin yang digunakan dalam melakukanya?
a. Seragam,
b. Tanda
pengenal dari perusahaan,
c. kendaraan,
d. stopwatch,
e. Peralatan
kantor seperti Leptop, printer dll.
·
Sebutkan ciri-ciri
fisik yang dibutuhkan dalam dalam melakukan pekerjaan
a. Mampu
berkomunikasi dengan baik.
b. Kuat
jasmani dan rohani.
c. Bisa
berkendara baik motor ataupun mobil.
d. Fisik
normal.
·
Apakah pekerjaan
tersebut membutuhkan pengalaman ? a. Ya b. Tidak
Ya, Kerena menjadi personalia khususnya
divisi HRD di suatu perusahaan besar bukan untuk mencari pengalaman, meniti
pengalaman, apalagi perusahaan kami perusahaan besar yang semua staff nya harus
profesional.
·
Apakah pekerjaan ini
membutuhkan pelatihan khusus ? a. Ya
b. Tidak
Ya, Karena dalam personalia, HRD
mempunyai tugas untuk menentukan tenaga kerja di perusahaan dan untuk
menentukan nya dengan proses yang tidak mudah perlu mempunyai pengalaman dan
diimplementasikan dari pengalamannya.
·
Jelaskan kondisi kerja
dalam pelaksanaan pekerjaan!
Bidang
Personalia khususnya HRD bekerja di dalam dan di luar kantor, di dalam kantor
berkerja untuk menyelesaikan hal hal yang mengenai administratif dan melakukan
proses wawancara dan di luar ruangan seperti seleksi fisik, tes kesehatan dan kekuatan
mental atau proses yang menggunakan ruang besar.
·
Jelaskan resiko/bahaya
kerja yang mungkin ada ?
Risiko
tau bahaya yang kemungkinan ada dalam sektor ini adalah ktika bidang HRD
menyeleksi calon tenaga kerja, dan setelahnya di terima pegawai tersebuttidak
sesuai harapan bahkan berdampak negatif terhadap perusahaan.
·
Bagaimanakah pengukuran
hasil kerjanya ?
Ketika
SDM karyawan atau tenaga kerja di perusahaan bagus, maka bagian HRD telah
bekerja sesuai dengan tupoksinya dan melakukan proses perekrutan dengan
prosedur yang sesuai.
3.
Manager
Kontraktor
·
Nama : M Ilmi Alawi
·
Jabatan : Manager Kontraktor
·
Bagian : Divisi Kontruksi
·
Supervisor : Direktur Utama
·
Tgl/bln/thn : 26/06/2018
·
Jelaskan secara singkat
pekerjaan sdr?
Adalah bagian dari staff perusahaan
yang mempunyai tugas langsung berhadapan / berhubungan dengan lapangan, seperti
rancangan dan metode kerja, kebutuhan SDM di lapangan dll.
·
Jelaskan rincian tugas
khusus yang sdr lakukan ?
Membuat
rencana kerja dan anggaran konstruksi untuk melakukan koordinasi dengan semua
pihak terkait pengawasan jalannya pekerjaan di lapangan apakah sesuai dengan
metode konstruksi yang benar, kemudian mengesahkan material yang akan digunakan
apakah sesuai dengan spesifikasi kontrak atau tidak.
·
Jelaskan wewenang yang
sdr miliki dalam melakukan pekerjaan ?
Berwenang
untuk mengadakan rapat rutin baik mingguan maupun bulanan untuk membahas persoalan
terkait kontruksi, dan juga bagian kontruksi dapat menegur dan menghentikan
jalannya pekerjaan apabila tidak sesuai dengan kesepakatan.
·
Sebutkan tanggungjawab
yang sdr miliki ?
a. Bertanggung
jawab menjadi mandor di suatu pekerjaan dan perusahaan besar.
·
Sebutkan peralatan
pekerjaan dan mesin yang digunakan dalam melakukanya?
a. Seragam,
b. Tanda
Pengenal,
c. Peralatan
Material, seperti Cangkul, Palu, Gergaji, Skop dll.
d. Alat
berat seperti Exsapator, Dump Truck, Stump, dll.
e. Peralatan
kantor seperti Leptop, printer dll.
·
Sebutkan ciri-ciri
fisik yang dibutuhkan dalam dalam melakukan pekerjaan
a. Berbadan
kekar dan besar.
b. Fisik
normal.
c. Sehat
jasmani rohani.
d. Tidak
mempuyai penyakit bahaya.
e. Kondisi
tubuh baik.
·
Apakah pekerjaan
tersebut membutuhkan pengalaman ? a. Ya b. Tidak
Ya, karena bagian kontruksi ini
berhubungan di lapangan dan menjadi fator yang sangat penting bagi perusahaan
di bbidang jasa dan kontraktor, kalau tidak dibekali dengan pengalaman ketika
berada di lapangan akan terasa aneh bahkan tidak menguasai lingkungan yang
seharusnya di lakukan oleh staff kontruksi.
·
Apakah pekerjaan ini
membutuhkan pelatihan khusus ? a. Ya
b. Tidak
Ya, yang di hadapi di lapangan oleh
manager kontruksi atau staff di bagia kontraktor semuanya berhadapan dengan
lapangan, yang tidah hanya dengan kerja keras saja, tetapi perlu pelatihan
khusus bahkan perlu lulusan yang ahli. Seperti mengenali material, cara bekerja
dengan keamanan atau safety bahkan yang lebih penting adalah penggunaan alat
alat atau mesin saat di lapangan.
·
Jelaskan kondisi kerja
dalam pelaksanaan pekerjaan!
Kondisi
kerja yang dilakukan oleh manager kontruksi hampir 90 % di lapangan, karena
bagian ini lah yang mewakili perusahaan untuk berada dan langsung interaksi
dengan tenaga kerja di lapangan, ada di tangan bagian kontruksi lah kelancaran
perusahaan dalam melakukan pekerjaan nya. .
·
Jelaskan resiko/bahaya
kerja yang mungkin ada ?
Di
antara staff yang lainnya, bagian kontraktor lah yang mempunyai risiko tinggi
terhadap keamanan bagi dirinya ataupun perusahaan. Bagian kontraktor banyak
berhubungan dengan mesin dan alat berat lainya yang apabila terjadi kesalahan
dalam penggunaan maka diri kita bahkan nyawa taruhannya.
·
Bagaimanakah pengukuran
hasil kerjanya ?
Pengukuran
kerja dapat dilihat dari produk yang dihasilkan contoh pembangunan gedung. Dari
pembangunan tersebut pihak kontraktor menilai bahwa pembangunan tersebut merasa
puas dan sesuai dengan keinginan maka bagian kontruksi dalam strategi
pembangunan nya dapat dikatakan berhasil.
Komentar
Posting Komentar